Mengetahui Bagaimana membangun Sebuah Generator (Genset) Listrik

 

generator listrik - genset

Kita tidak akan membicarakan sebuah generator listrik (genset) untuk menyuplai listrik rumah Anda. Di sini, kita akan membangun sebuah percobaan singkat tentang membangun generator listrik sederhana. Prinsip dan cara kerja genset di sini juga akan berlaku untuk genset yang besar maupun genset mungil.

Genset listrik bisa disebut juga sebagai alat yang mengubah energi, sebab mereka mengubahi energi panas atau energi kinetik (energi gerak) menjadi energi listrik. Teori di balik  sebuah genset yaitu bahwa variasi medan magnet membentuk arus listrik melalui loop kawat. Ini relatif simpel buat membentuk sebuah genset listrik. Berikut langkah-langkanya:

  1. Tentukan apa asal energi yg akan diubah ke energi listrik. Anda dapat menggunakan apa pun yang mempunyai poros berputar, seperti kincir angin, bahkan alat apapun yang kerjanya mirip sepeda stasioner.

 

  1. Coil panjang kawat buat membentuk bulat yang relatif berukuran besar, pastikan kedua ujung kawatnya bisa diakses. Semakin banyak gulungan Anda buat, semakin banyak listrik yang Anda akan dihasilkan.

 

  1. Hubungkan loop kawat sumber energi Anda, misalnya poros sepeda. Pastikan loop didukung baik dan tidak pada jalan bagian yang bergerak berasal asal tenaga (contohnya pedal, bila Anda menggunakan sepeda).

 

  1. Tempatkan magnet kuat pada sekitar loop sehingga loop bisa berputar bebas pada antara mereka. Anda ingin mengatur magnet untuk memaksimalkan kekuatan medan magnet. Anda dapat melakukan ini dengan membuat kutub selatan satu magnet menghadapi kutub utara magnet lain.

 

  1. Letakkan sumber energi Anda (misalnya poros sepeda) ke baterai besar .

 

  1. Aktifkan asal energi Anda (misalnya duduk pada sepeda dan mulai mengayuh).

 

  1. Anda baru saja membuat listrik dengan energi yang berasal dari energi gerak/kinetik

 

[sumber: Powerfull, Proyek Ilmu]

 

Asal energi yang di hasilkan di atas tergantung seberapa bertenaga Anda mengayuh sepeda. Tenaga ini sangat baik buat bumi karena tidak mengeluarkan polusi, sebagai akibatnya dapat di sebut eco- energy.

 

Sumber: http://www.hartech.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *