Makanan untuk meningkatkan ASI agar lebih sehat

ASI merupakan sumber asupan nutrisi bagi bayi, maka Ibu akan melakukan segala cara untuk meningkatkan produktifitas ASInya guna memenuhi kebutuhan si kecil. Ternyata, cara meningkatkan ASI yang paling tepat sebenarnya adalah makanan yang dikonsumsi oleh Ibu.

Berikut adalah 4 jenis makanan yang dapat meningkatkan ASI yang mudah didapat dan diolah

  1. Katuk

Walaupun tanaman ini sekarang sulit dijumpai, namun hampir semua ibu hamil diminta untuk mengkonsumsi sayuran ini untuk meningkatkan produktifitas ASI karena katuk mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, alkaloid, sterol dan asam seskuiterna. Ketika memasak daun katuk, baiknya tidak terlalu matang karena akan mengurangi vitamin yang ada dalam sayur.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan ASI, karena kacang-kacangan mengandung zat besi dan protein non hewani yang sangat baik untuk meningkatkan tumbuh kembang bayi. Jenis kacang-kacangan yang paling baik untuk dikonsumsi yaitu kacang merah dan kacang hitam yang kandungannya melebihi jenis kacang yang lainnya.

  1. Bawang putih

Tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa digunakan untuk memperbanyak ASI. Sebaiknya memang bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah, bukan dalam keadaan matang yang dicampur dengan sayur. Namun jika Anda tidak bisa memakannya dalam keadaan mentah, menambahkan lebih banyak bawang putih kedalam sayur akan menjadi solusinya.

  1. Sayuran merah

Sayuran seprti ubi jalar, bayam merah, kangkung merah banyak mengandung beta karoten dan asam folat yang baik untuk memperbanyak produksi ASI.