Cara Meningkatkan ASI untuk Ibu Vegetarian

Bagi seorang vegetarian, menemukan cara memperbanyak ASI merupakan hal yang cukup sulit. Bukan hanya tidak mengkonsumsi daging, namun seorang vegetarian juga tidak mengkonsumsi olahan-olahannyanya. Seorang Ibu harus memenuhi kebutuhan bagi dirinya sendiri agar bisa menghasilkan ASI secara maksimal.  Untuk itu, seorang ibu vegetarian yang menyusui harus memperhatikan pemenuhan gizi selama menyusui karena pilihan makanan untuk seorang vegetarian sangatlah terbatas. Pilihan sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi, protein dan kalsium merupakan asupan yang tidak boleh ditinggalkan bagi seorang ibu vegetarian.

  1. Memperoleh suplemen

Mendatangi dokter untuk berkonsultasi seputar gaya hidup begetarian merupakan cara yang paling mudah dan membantu. Biasanya, dokter akan memberikan suplemen yang bisa menggantikan kandungan dan manfaat yang ada didalam daging yang tidak bisa ditemui di sayuran atau buah-buahan manapun. Suplemen yang direkomendasikan biasanya suplemen yang kaya akan vitamin dan mineral. Dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12. Suplemen yang mengandung vitamin B12 akan menjadi pilihan karena vitamin ini hanya akan didapatkan dari daging dan produk olahannya. Untuk mncukupi nutrisi ini, maka Ibu vegetarian akan disarankan untuk mengkonsumsi suplemen ini.

  1. Mengganti sumber makanan

Cara memberbanyak ASI yang lainnya adalah memperbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan, gandum, dan produk-produk olahannya. Untuk membantu penyerapannya, Ibu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C yang ada pada buah-buahan. Kekurangan vitamin dan mineral sangatlah mungkin bagi seorang ibu vegetarian, mengingat bahwa seorang vegetarian tidak bisa mengkonsumsi daging dan olahannya.

Ternyata, ada cara memperbanyak ASI bagi seorang Ibu vegetarian. Sebagai solusi, seorang Ibu vegetarian harus sering berkonsultasi kepada dokter untuk bisa meningkatkan produksi ASInya. Untuk itu, Ibu tidak perlu takut untuk bisa menyusui ekslusif.