Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik

Ibu hamil tidak hanya perlu memperhatikan dirinya, namun juga harus memperhatikan janin yang ada di dalam perut. Posisi tidur yang salah dapat beresiko mengalami berbagai macam masalah kesehatan, seperti nyeri pada otot, mendengkur, penurunan atau peningkatan tekanan darah, kram atau pembengkakan kaki yang membuat Ibu tidak nyaman.

Kali ini, wishingbaby akan membahas mengenai posisi tidur yang baik.

  1. Hindari tidur telentang

Masuk pada usia kehamilan trimester kedua, Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Tekanan pembuluh darah pertaa dan vena cava inferior dapat meningkat jika ibu tidur dalam posisi telentang. Tekanan ini justru bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin.

  1. Tidur menyamping ke Kiri

Tidur dengan posisi menyamping kekiri dapat memperlancar sirkulasi darah, baik aliran darah yang menuju jantung maupun menuju ke Rahim, janin dan ginjal.

  1. Tidur dengan menggunakan bantal

Bantal dapat meningkatkan kenyamanan Ibu. Ibu dapat meletakan bantang disisi samping tubuh untuk menaikan posisi dada. Tempatkan bantal pada posisi yang dapat membuat Ibu nyaman. Untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Ibu dapat mengganjal dengan bantal dibagian perut dan punggung. Beberapa toko peralatan bayi juga menyediakan bantal khusus untuk Ibu hamil.

Wajar jika ibu mengalami sulit tidur pulas di malam hari, baik itu dikarenakan sering buang air kecil, merasa sesak napas, jantung yang berdebar berlebihan, sakit punggung atau kram kaki. Untuk membantu agar bisa tidur dengan nyaman dimalam hari, Ibu dapat melakukan:

  • Hindari berolahraga sebelum tidur
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti bermeditasi
  • Mengonsumsi susu hangat yang di campur sedikit madu untuk mendapatkan ketenangan
  • Hindari kafein
  • Mengikuti senam hamil
  • Jika mengalami kram pada kaki, maka ganjal bagian kaki dengan bantal

Sebenarnya, sebagian akhi menyatakan bahwa Ibu tidak perlu memusingkan mengenai posisi tidur yang benar, karena selama Ibu nyaman, maka anak di dalam janin juga akan terasa nyaman.

Menjadi seorang Ibu merupakan sebuah anugerah. Untuk itu, jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan Anda, Anda harus mencari tahu cara cepat hamil dengan melakukan berbagai riset dan berkunjung ke dokter. Selain itu, mengonsumsi obat penyubur kandungan juga akan membantu Anda untuk bisa lebih cepat hamil.