5 Bahan Makanan untuk Memperbanyak ASI

Kekayaan alam merupakan sebuah anugerah yang menyimpan berbagai macam manfaat. Hanya saja, belum banyak orang tahu manfaat tersembunyi dari sebuah hasil alam. Beberapa contoh makananan ini  adalah hasil alam yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI secara alami. Mengkonsumsi makanan-makanan ini secara teratur merupakan sebuah cara memperbanyak ASI secara alami.

  1. Pepaya

Beberapa mineral penting seperti kalium, asam folat dan enzim papain terkandung dalam buah maupun bunga pepaya. Enzim yang terkandung memiliki manfaat untuk mencerna protein. Seorang ibu memnyusi membutuhkan protein yang banyak agar dapat memproduksi ASI.

Tidak hanya mineral penting yang terkandung dalam buah pepaya, akan tetapi vitamin penting seperti vitamin A dan vitamin C ada di dalam pepaya. Cairan yang melimpah dalam buah pepaya bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan ibu dalam memproduksi ASI.

Buah pepaya yang sudah matang dapat dikonsumsi langsung sedangkan bunga dan daun pepaya yang masih mengkal dapat dijadikan beberapa olahan masakan seperti tumisan. Sedangkan buah pepaya yang masih mentah biasa dijadikan bahan tambahan untuk sayur asam.

  1. Daun Katuk

Daun ini sudah diketahui oleh sebagian besar orang memiliki manfaat untuk memperbanyak ASI. Daun ini dapat diolah menjadi bahan masakan namun memerlukan proses pemasakan yang tepat agar tidak terasa pahit.

Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil dapat dicukupi dengan mengkonsumsi kurang lebih 100 gram daun katuk per hari. Karena seorang ibu menyusui memerlukan protein 20 gram lebih banyak dari keadaan normalnya.  Wanita normal memerlukan 40 gram protein perhari, oleh karena itu ibu menyusui membutuhkan proterin sebanyak 60 gram setiap hari.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung enzim phytoesgtrogens, enzim ini dapat digunakan untuk memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Selain untuk memperbanyak ASI, kemangi juga dapat digunakan untuk mencegah bau tidak sedap dari tubuh.

  1. Bayam

Sama seperti daun kemangi, bayam juga mengandung enzim phytoesgtrogen yang berfungsi untuk memperbanyak ASI. Bayam juga mengandung vitamin A, C, E, K, protein, serta bebrapa mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Bayam juga dapat menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Kandungan vitamin B6 pada bayam juga bermanfaat yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Bayam dapat diolah menjadi sayur berkuah ataupun bahan tumisan

  1. Air

Ibu menyusui memerlukan banyak cairan, jangan lupa untuk selalu mencukupi cairan. Ibu yang kekurangan cairan tidak dapat memproduksi ASI secara maksimal. Minumlah 10-12 gelas air putih dalam sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan dan dapat memproduksi banyak ASI.

Lihat Juga: Paket Lengkap Obat Penyubur Kandungan Yang wajib Anda miliki