Cara Atasi Nyeri Payudara saat Hamil

Biasanya nyeri payudara pada ibu hamil bisa terjadi pada trimester kehamilan pertama, kedua bahkan trimester ketiga. Nyeri payudara yang Anda rasa pada tahap terakhir kehamilan dapat menjadi tanda bahwa payudara sudah siap menghasilkan air susu sesaat setelah melahirkan. Namun, keadaan ini juga dapatv terjadi akibat fluktuasi hormon, dengan perawatan yang tepat maka nyeri payudara saat kehamilan dapat dikurangi.

Baca Juga: Daftar Lengkap Paket Obat Penyubur Kandungan

 

Trimester Pertama

Payudara yang lembut dapat menjadi sinyal awal ketika Anda sedang hamil. Hal ini biasanya terjadi saat 2 minggu setelah pembuahan. Hal ini terjadi karena tingkat esterogen dan progesterone tubuh siap naik ke payudara dan memproduksi air susu. Kemudian setelah Anda hamil maka saluran air susu di payudara ukurannya akan bertambah. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Nyeri payudara pada trimester pertama biasanya terasa mirip dengan nyeri yang terjadi saat siklus menstruasi.

Trimester Kedua

Pada masa ini ukuran payudara Anda akan meningkat karena tubuh sedang mempersiapkan tempat untuk menyimpan susu bagi bayi Anda, dan juga menyimpan lemak yang banyak pada payudara. Rasa nyeri yang Anda rasa pada trimester pertama akan menurun secara alami dalam periode ini. punting Anda dapat menjadi sangat lembut dan akan tetap seperti itu hingga akhir kehamilan.

Trimester Ketiga

Pada masa ini payudara secara keseluruhan akan berubah menjadi lembut. Hal ini disebabkan oleh hormon yang bernama prolactin. Hormon ini merangsang kelenjar susu untuk memproduksi kolostrum yang merangsang payudara menghasilkan susu. Selama trimester ketiga, payudara akan terasa berat dan penuh. Akan semakin bertambah berat  hingga saatnya melahirkan.

Cara Perawatan

Nyeri payudara yang dirasa selama kehamilan umumnya tidak dapat dihindari, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal ini agar rasa sakitnya lebih ringan.

Gunakan bra yang mendukung. Hal ini merupakan langkah awal untuk mengatasi rasa nyeri. Menggunakan bra yang pas justru akan memperburuk kondisi Anda. Ukuran payudara akan meningkat selama kehamilan oleh karena itu bra dengan dukungan yang memadai dapat menjadi pilihan untuk kenyamanan Anda.

Ketika mandi, perlakukanlah payudara Anda dengan baik. Jangan gunakan waslap yang kasar dan menggosok payudara dengan kuat karena hal ini dapat membuat punting Anda iritasi. cucilah dengan lembut untuk menghindari tambahan rasa sakit.

Makanlah makanan yang tepat dan baik bagi kelancaran air susu. Hal tersebut dapat menjadi Cara Memperbanyak ASI .

Peringatan !

Apabila nyeri payudara Anda jauh lebih parah dari biasanya atau disertai dengan warna kulit memerah, ruam atau masalah lain, maka konsultasikan hal ini ke dokter. Saluran susu bisa jadi terinfeksi dan membutuhkan pengobatan secepatnya. Bila payudara Anda meradang serta terasa panas saat disentuh, segeralah periksa ke dokter.