Pelukan Hangat Hadirkan Beragam Manfaat Bagi Anak

Kasih sayang kepada anak bisa ditunjukkan dengan berbagai cara. Dengan menggandeng tangan atau mengusap kepalanya anak bisa merasakan cinta yang Anda salurkan. Ungkapan kasih sayang ini sangat penting diberikan kepada anak agar ia merasa dicintai dan dilindungi.

Pelukan bisa menjadi bentuk afeksi yang diberikan kepada orang lain dengan cara menyentuh dan mendekap erat. Memeluk sudah dianggap sebagai suatu hal yang biasa dan tidak terlalu penting. Tidak jarang juga orang tua yang mulai lupa memeluk anaknya karena terlalu sibuk dengan kegiatan lain.

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI secara cepat

Padahal pelukan memberikan berbagai dampak positif dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pelukan hangat dapat menjalin hubungan batin antara orang tua dan anak serta membentuk karakter anak.Tidak hanya itu, pelukan juga membawa berbagai macam manfaat lainnya.

  1. Meningkatan kesehatan fisik anak

Pada saat berpelukan tubuh membentuk hormon oksitoksin yang baik untuk kesahatan. Sering berpelukan akan menurunkan resiko serangan jantung serta mengurangi rasa stres dan depresi. Selain itu pelukan juga merangsang tubuh untuk membentuk hormon endomorfin yang dapat mengurangi ketegangan saraf dan tekanan darah.

  1. Membangun rasa percaya diri anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering dipeluk oleh orang tuanya akan lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalah yang muncul. Saat menghadapi masalah anak dapat memecahkannya dengan kepala dingin dan tidak mudah menyerah. Anak juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan bergaul dengan orang lain.

  1. Merangsang kerja otak anak

Berpelukan dapat mengurangi stres yang dirasakan anak dan membuat anak dapat menyerap informasi secara sempurna. Sentuhan pada kulit juga merangsang syaraf sensorik dan motorik pada anak sehingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas.

  1. Melindungi anak dari berbagai penyakit

Pelukan dapat menstimulasi terbentuknya kelenjar timus yang akan menghasilkan reproduksi sel darah putih. Sel darah putih (leukosit) ini merupakan sistem kekebalan tubuh yang akan melawan dan mengeluarkan sel-sel asing dari dalam tubuh. Dengan demikian kesehatan tubuh anak akan tetap terjaga.

  1. Mempererat hubungan dengan anak

Dengan berpelukan anak dapat merasakan perubahan emosi yang sedang Anda rasakan. Hubungan emosi yang kuat ini sangat berpengaruh dalam membentuk emosi yang stabil pada anak. Anak yang sering dipeluk akan memiliki kepribadian yang lebih tenang, sabar, dan penyayang.

  1. Menentukan konsep diri anak

Anak yang sering dipeluk dan dilimpahi kasih sayang akan tumbuh menjadi anak yang ceria dan penyayang. Anak akan menghadapi hidup secara positif dan optimis. Anak yang sering dipeluk juga cenderung memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari pelukan hangat orang tua kepada anak bisa menjadi dorongan bagi Anda untuk memperbanyak kuantitas sentuhan terhadap anak. Luangkanlah waktu untuk berada dekat dengan anak agar dapat menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang Anda padanya.

Tidak hanya membahagiakan anak dengan pelukan hangat, Anda juga dapat menambah kebahagiaan dan keceriaan dalam keluarga Anda dengan memakai obat penyubur kandungan sebagai cara cepat hamil agar mendapatkan anak lagi.